Belajar Pascal 4 ( SMP ISLAM TAUFIQURRAHMAN )

BELAJAR PASCAL 4 ( SMP ISLAM TAUFIQURRAHMAN )

(untuk siswa SMP Islam Taufiqurrahman Depok)

perintah For to do. Perintah ini berguna untuk pengulangan (loop) dari suatu karakter tertentu. Pengulangan ini menggunakan perintah for sebagai awal pengulanang, to akhir atau batas pengulangan dan do melaksanakan/mengerjakan perintah yang diberikan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar
Ketika Aku Lapar


dari kalimat diatas, ternyata tulisannya sama dan diulang. Untuk menampilan karakter tersebut tentunya kita harus mengetahui awal dan akhir. Karakter tersebut disimpan dalam  field  misalnya i,  Awalnya pasti angka 1, dan jumlah paling akhir adalah 16, maka perintah yang paling tepat adalah :
for i:= 1 to 16 do

type data integer berupa bilangan bulat yaitu 1, 2, 3, dst. Mengapa harus menggunakan integer? karena pengulangan angka 1 sampai dengan angka 16 merupakan bilangan bulat.

perhatikan coding program pascal untuk menampilkan output tulisan "Ketika Aku Lapar" sebanyak 16x yaitu :

program ulangyuk;
uses crt;
var i:integer;
Begin
    clrscr;
    for i:= 1 to 16 do
    writeln ('Katika Aku Lapar');
    readln;
end.




















outputnya sbb :



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Pascal 1 ( SMP ISLAM TAUFIQURRAHMAN )

Belajar Pascal 7 (TUGAS KELAS 8-9)

Bahasa C++